Makin Cakap Digital

18-May-2021

Makin Cakap Digital lengkapnya "Indonesia Makin Cakap Digital" adalah sebuah momen di tahun 2021 ini sebagai kebangkitan digital  Indonesia saat kondisi "pandemi" tentu saja berbarengan dengan  hari Kebangkitan Nasional  tahun 2021. Apa yang telah dilakukan oleh Relawan TIK Indonesia wilayah Provinsi Jawa Tengah dalam membangun dan menciptakan Indonesia Makin Cakap Digital ?

Sejak berdirinya kepengurusan Relawan TIK Indonesia Jawa Tengah pada tahun 2014 telah banyak yang dilakukan dalam rangka Literasi Digital dalam hal ini Literasi dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang lebih banyak adalah dalam proses pendampungan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di desa-desa di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Selain desa-desa yang menjadi target pemberdayaan dan literasi digital yang dilakukan oleh Relawan TIK Indonesia Provinsi Jawa Tengah , proses literasi masuk pada lingkungan sekolah dan kampus-kampus yang berada di wilayah Jawa Tengah, bahkan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah telah mendapatkan Literasi Digital pada tahun 2018 .

Tentunya bukan hanya di daerah Provinsi Jawa Tengah Relawan TIK Indonesia bergerak dengan telah terbentuknya pengurus di 33 provinsi di Indonesia serta ditiap tingkat kabupaten dan kampus di wilayah Republik Indonesia, semakin mengokohkan bahwa Relawan TIK Indonesia juga merupakan pioner Literasi Digital di Indonesia.

Tentu dulu kita mengenal banyak komunitas pemberdayaan IT seperti komunitas Pengguna Linux Indonesia ( KPLI ), komunitas ini telah lama berdiri dan mendedikasikan dirinya sebagai komunitas yang memberikan pengetahuan tentang penggunaan operasi Sistem Linux , hingga akhirnya keluar surat keputusan bersama beberapa menteri dalam penggunaan Sistem Operasi berbasis Open Source. Selain itu komunitas blogger yang cukup banyak diindonesia diera tahun 2000 an merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sejarah Literasi Digital di Indonesia.

Saat ini tentu ada hal yang tidak dipungkiri bila masih terdapat daerah-daerah yang mengalami kesenjangan digital tersebut baik dari infrastruktur dengan pemahaman penggunaan teknologi digital yang semakin cepat bergerak. Kehadiran Relawan TIK Indonesia di tahun 2012 memberikan warna baru bahkan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan dan pemberdayaan Literasi Digital di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Peningkatan Sumber Daya Manusia dibidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah pekerjaan yang cukup berat dengan kondisi Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan sebanyak lebih dari 74ribu desa , tentu saja bukan hanya Relawan TIK Indonesia yang bergerak , tetapi seluruh komponan dan stakeholder yang memliki kemampuan dibidang TIK bergandengan tangan bersama membentuk Negeri Ini menjadi Negara yang Makin Cakap Digital.

Topik : Pengetahuan Digital Umum
Dibaca : 468 kali
Similar Posts

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar